Alamat Sekretariat: Jl.Raya Ngawi No.236 Nogiri Ds.purworejo Kec.padangan Kab.Bojonegoro.Email.adesuyudi1@gmail.com .Telp.085645542361

Jumat, 13 Maret 2015

Pengertian Warnet (Warung Internet)

Pengertian Warnet
Pengertian Warnet (Warung Internet)Warung Internet atau biasa disingkat warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Biasanya pengguna dikenakan biaya per jam atau lebih, sesuai lama penggunaannya.

Pasar Warnet
Kebanyakan, warnet di buka di lahan yang dekat dengan tempat pendidikan, seperti sekolah, tempat les, atau kampus. Sehingga, penggunanya pun tak jauh dari siswa / siswi, mahasiswa, guru, atau dosen yang secara kebetulan atau tidak membutuhkan jasa internet.

Tetapi, ketika perkembangan teknologi telah merambah ke seluruh penjuru, warnet pun merambah ke seluruh pelosok pemukiman, dan tempat - tempat yang sebelumnya tidak diperkirakan dapat dijadikan sebagai lahan untuk membuka usaha warung internet. Oleh karena itu, pengguna warnet menjadi semakin luas, mulai dari anak - anak sampai orang tua.

Hal ini dikarenakan, kebutuhan internet yang semakin naik dari yang tadinya kebutuhan senggang menjadi kebutuhan yang memang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, akurat dan terkini atau teraktual. Ditambah lagi dengan banyaknya menu pilihan yang dapat dipilih oleh anda, keluarga anda, kerabat atau sanak famili anda.

Mulai dari berita tentang kehidupan, teknologi, ekonomi. sosial, politik, tips - tips menarik, jaringan sosial, sampai permainan yang dapat membunuh rasa bosan anda dapat anda nikmati melalui dunia internet.

Fungsi dan Manfaat Warnet itu sendiri?
Fungsi dan manfaat didirikannya warnet itu sendiri adalah untuk membantu para pengguna untuk memenuhi kebutuhannya akan internet apabila pengguna tersebut tidak memiliki koneksi internet dirumahnya.

Warnet itu sendiri sering dijadikan sebagai tempat atau ajang lomba asah kreativitas kita di dalam bidang teknologi informasi, seperti pengadaan lomba permainan online yang berhubungan dengan ketangkasan anak dalam memainkan sebuah permainan, lomba essai tentang dunia internet masa kini, dan lomba - lomba lainnya.

Warnet vs Cyber Crime?
Banyak yang tertolong dengan adanya warnet, namun ada juga yang mencibir dan memandang sebelah sebuah warnet. Ada yang mengatakan warnet hanyalah tempat yang kurang bermanfaat dan tempat yang berbahaya bagi banyak penggunanya.

Sebenarnya hal - hal seperti ini telah diantisipasi oleh para pendiri warnet kebanyakan dan hanya bisa kita kembalikan lagi kepada tanggung jawab para pengguna internet itu sendiri. Kedewasaan dan rasa tanggung jawab harus disadari dan dimiliki oleh pengguna internet agar tidak merugikan nama baik warnet. Karena, sebisa mungkin pendiri warnet telah menghambat hal - hal yang nantinya akan berdampak negatif bagi para pengguna internet sehingga tidak akan terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.

Ingat, Kejahatan di dunia internet bukanlah kesalahan perkembangan atau kemuajuan teknologi atau "warnet" itu sendiri, melainkan akibat tangan usil dan jahil si 'pengguna internet' yang menyalah-artikan penggunaan internet itu sendiri.

Bisakah Warnet dijadikan sebagai kantor?
Jawabannya, kenapa tidak???
Seiring perkembangan teknologi, semua yang tadinya tidak mungkin dapat menjadi mungkin apabila kita memang memiliki niat untuk membangun atau mendirikannya.

Contohnya adalah sebuah warnet yang terletak di bilangan jakarta utara. Namanya tak disebutkan sesuai amanah si pemilik.

Warnet ini didirikan belum ada lima tahun di sebuah pemukiman yang sampai detik ini selalu ramai dikunjungi oleh para pelanggan setianya. Awalnya warnet ini memang dikhususkan untuk memabantu anak - anak sekolah dalam menyelesaikan tugasnya. Namun belakangan, warnet ini berubah perlahan dari sebuah warnet menjadi sebuah kantor yang juga menangani urusan administrasi layaknya dunia perkantoran. Mulai dari penerimaan jasa pengetikan, order cetak foto kilat, penyediaan alat tulis kantor, minuman dan makanan ringan, segala pernak - pernik untuk komputer seperti, mouse pad, speaker aktif, screen filter, flashdisk, dan lain - lain.

Sukses dengan kegiatan di atas, kini warnet yang juga merangkap kantor itu juga membuka pelatihan komputer gratis bagi para pelanggannya yang memang berminat belajar komputer. Pelatihan gratis ini berfungsi untuk membantu para pelanggan yang belum mahir menggunakan komputer sekaligus untuk agenda rutin warnet tersebut.

Pelatihan gratis yang diselenggarakan bagia para pelanggan oleh warnet ini patut kita acungi jempol. Satu pembuktian lagi bahwa hal yang diawali oleh niat yang tulus untuk berusaha adalah modal yang memang dubutuhkan untuk setiap permulaan hingga kita dapat menuai hasil yang dapat membuat kita bangga dan dibanggakan oleh banyak orang.

Usaha yang didirikan atas dasar pemanfaatan bagi orang disekelilingnya akan lebih bermanfaat dan langgeng bila dibandingkan dengan usaha yang hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa memikirkan kepentingan orang yang ada disekitarnya.

Sebuah usaha yang dimulai dari nol ini kiranya dapat dijadikan acuan atau pedoman anda dalam berusaha bahwa selebat apapun hambatan atau halangan anda dalam berusaha / berwirausaha, yakinlah bahwa anda mampu dan percaya anda bisa melakukannya dan bisa menjalankan usaha dengan baik dan dapat bermanfaat bagi orang - orang yang berada di sekeliling anda.

Artikel di atas mungkin dapat menggugah anda untuk mulai berunjuk gigi dengan segala kelebihan dan kemampuan yang anda miliki. Keterbatasan yang anda miliki bukan suatu halangan yang berarti apabila kita dapat mewujudkan sebuah usaha yang nantinya akan menjadi penggagas pertama dan bukan pengikut perdana.

Keyakinan, keuletan dan sebuah kesabaran adalah modal utama anda dalam berwirausaha. Mari menjadi pembuka lapangan pekerjaan dan bukan pencari pekerjaan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Contact

Pages

Support